42 Kuliner Jogja Yang Harus Dikunjungi

Selamat datang di blog sederhana Wisata Kuliner Indonesia, blog yang berbagi tentang tempat wisata kuliner yang wajib anda kunjungi. Pada artikel perdana saya akan membahas tentang kuliner Jogja nih guys. Kuliner ini sayang jika anda lewatkan jika berkunjung ke Yogyakarta.

Kota Yogyakarta dikenal dengan istilah DIY atau Daerah Istimewa Yogyakarta adalah tempat yang benar-benar spesial. Karena Kota Jogja sarat akan budaya dan tempat wisata terutama wisata kuliner.

Banyak tempat wisata kuliner Jogja yang menjadi incaran para pecinta kuliner enak di daerah Jogja. Beberapa tempat kuliner di Jogja yang akan dibahas dapat memberikan rekomendasi tempat kuliner khas Jogja dan juga kuliner Jogja yang murah meriah dengan cita rasa yang khas Kota Jogja.

Semoga artikel ini dapat menjadi panduan bagi anda pada saat berlibur ke kota Yogyakarta. Yuk kita simak 42 Kuliner Jogja Yang Harus Dikunjungi.


42 Kuliner Jogja Yang Harus Dikunjungi



Sate Klathak Pak Pong

1. Sate Klathak Pak Pong

Bagi anda penggemar sate, ada satu tempat kuliner di Jogja menyajikan sate dengan cara yang sangat unik. Sate klathak pak Pong, sate klathak adalah sate kambing yang ditusuk memakai jeruji sepeda.

Pak Pong adalah pemilik dari kedai sate klathak yang sengaja memakai jeruji besi sebab dapat menjadikan daging matang secara merata dan juga  ramah lingkungan karena jeruji besi bisa dipakai berulang kali, tidak seperti tusuk sate dari bambu yang hanya bisa sekali pakai.

Selain keunikannya, sate klathak pak Pong juga memiliki rasa yang khas dan enak. Menggunakan bumbu yang sangat sederhana berupa garam, kecap dan merica. Hanya dengan bumbu itu tadi membuat sate klathak pak Pong memiliki rasa yang khas. Jika anda tertarik silahkan mampir ke warung sate klathak pak Pong yang ada di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

House of Raminten

2. House of Raminten

Wisata kuliner Jogja yang satu ini menyajikan berbagai macam hidangan tradisional tapi dihidangkan secara berkelas dan ekslusif.

House of Raminten menyediakan aneka kuliner Jogja seperti wedang sereh, tahu bola, sate lilit, nasi kucing dan cunduk brongkos. Masakan tradisional tapi disajikan ala western.

Bangunan House of Raminten sangat luar biasa menjaidkan kita betah berlama-lama disana, di bagian dalamnya ada ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Saat menyantap sajian makanan, kita akan diiringi oleh gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan House of Raminten.

Pelayan House of Raminten menggunakan pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan dapat dipakai untuk memanggil pelayan. House of Raminten adalah salah satu tempat kuliner Jogja yang bisa dikunjungi kapan saja bahkan tengah malam atau subuh, karena House of Raminten buka 24 jam.

Lokasi House of Raminten ada di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta.

Bong Kopitown

3. Bong Kopitown

Tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini memiliki desain bangunan yang unik, adalah: Bong Kopitown. Bong Kopitown menggunakan tema penjara sebagai desain bangunannya.

Setiap ruangan disekat menggunakan jeruji besi. Di Bong Kopitown anda akan melihat sipir penjara yang berdiri di balik meja kasir dan narapidana yang bolak balik mengantar pesanan para tamu nya.

Bong Kopitown merupakan salah satu tempat hangout anak muda Jogja. Menu jagoan yang dihidangkan di Bong Kopitown yaitu kopi tetes, Penang fried noodle, rendang spicy noodle dan sapo tahu. Jika anda sudah duduk di kursi, jangan kaget karena anda akan didatangi pelayan yang memberikan selembar "koran" yang berisi daftar menu dan sejarah berdirinya rumah makan Bong Kopitown.

Jika anda tertarik untuk merasakan menu-menu kuliner Jogja di Bong Kopitown, silahkan datang ke Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta. Cafe ini buka mulai 10:00 – 24:00 WIB.

Kalimilk Yogyakarta

4. Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta merupakan  sebuah kedai susu yang menghidangkan aneka olahan yang menggunakan bahan dasar susu dengan aneka rasa yang menggoda.

Konsumen atau pelanggan dari Cafe susu Kalimilk disebut dengan nama Neneners. Banyak sekali varian rasa susu yang bisa dicoba seperti durian, cookies, coklat dan aneka snack. Porsi yang ditawarkan adalah medium dan gajah. Jika anda memesan porsi gajah, pastikan perut anda benar-benar kosong karena porsi gajah berukuran jumbo.

Cafe ini didesain semi terbuka dan tidak menggunakan AC, tapi hanya kipas angin. Namun anda tak perlu khawatir kepanasan, karena angin dari luar bisa masuk.

Jika anda tertarik silahkan datang ke Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta. Kafe ini buka 11:00 – habis.

Nasi Goreng Beringharjo

5. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng Beringharjo, nasi goreng ini sangat populer bagi masyarakat Jogja.

Warung nasi goreng ini berdiri sejak tahun 1960 hingga sekarang, Rasa nasi gorengnya tak berubah karena menggunakan resep jaman dahulu kala yang masih terjaga. Tidak heran jika penyuka nasi goreng Beringharjo semakin hari semakin banyak.

Walaupun warung nasi goreng ini selalu ramai, tapi jangan khawatir karena pembeli tidak perlu lama menunggu untuk mendapatkan orderannya. Selain nasi goreng, hidangan andalan lain yang juga digemari adalah bakmi goreng atau bihun goreng.

Jika anda tertarik silahkan kunjungi Nasi Goreng Beringharjo yang ada di jalan Pabringan 1, Yogyakarta. Mulai buka pada pukul 19:00 – habis.

Banyu Mili Country Club

6. Banyu Mili Country Club

Banyu Mili Country Club yang terletak di Perum Griya Mahkota. Perum Griya Mahkota didesain memiliki objek wisata air terdiri dari kolam renang, wahana air serta hutan dan danau buatan.

Berbagai macam kuliner lezat seperti udang bakar madu dan kepiting telur menjadi menu andalan yang wajib anda coba. Kepiting dan udang yang digunakan adalah hasil budidaya sendiri oleh sebab itu dipastikan masih fresh saat dimasak. Menu lain yang tak kalah mantap yaitu ayam goreng, cumi bakar dan gurame bakar.

Lokasi Perum Griya Mahkota ada di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta.

Jam buka: 10:00 – 22:00 (Resto) dan 07:00 – 18:00 (Wahana rekreasi)

Mie Telap 12

7. Mie Telap 12

Kafe mie telap 12. Kafe ini menghidangkan aneka mie instant denga rasa yang mantap dan sedap.

Seperti kita ketahui bahwa mie instant memiliki banyak varian rasa. Jika kita melihat iklannya di TV atau di gambar-gambar, sepertinya sangat enak ya. Pada kenyataanya jika kita buat sendiri kok tidak sesuai harapan ya? Untuk mengobati kekecewaan tersebut, kafe Mie Telap 12 solusinya, anda bisa menyantap mie instan yang disajikan persis seperti yang terlihat di bungkusnya.

Contohnya saja, jika anda ingin mencoba mie rendang, anda akan disajikan semangkok mie instan lengkap dengan potongan daging rendang dan topping lainnya yang ditata sama persis seperti di bungkusnya. Untuk minuman, anda bisa mencicipi soda float dan aneka milkshake.

Jika anda teratrik mencobanya silahkan datang ke ke Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

Gudeg Pawon

8. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon, tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini ada sudah lama, Gudeg pawon sudah ada dari tahun 1958. Wajar saja jika Gudeg Pawon mempunyai banyak sekali penggemar yang setia mengantri demi mendapatkan seporsi gudeg lezat ini.

Gudeg pawon mempunyai keunikan tersendiri, anda akan dilayani langsung dari dapur atau pawon. Walaupun tempatnya sederhana, tetapi citarasa Gudeg Pawon sangat lezat..

Gudeg Pawon dapat menjadi pilihan pas bagi anda yang ingin menikmati kuliner Jogja di malam hari. Menyantap nasi gudeg ditambah ayam beserta segelas teh manis hangat akan menjadi sajian spesial di tengah dinginnya Jogja di malam hari. Jika anda ingin datang sebaiknya sebelum jam buka karena setiap harinya, Gudeg Pawon selalu banjir antrean pembeli.

Tertarik untuk mencoba lezatnya gudeg pawon? Langsung saja datang ke Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Jam buka: 22:30 – habis.

Jejamuran

9. Jejamuran

Jejamuran merupakan tempat makan enak di Jogja yang populer dengan olahan jamurnya yang menggugah selera. Menu andalan yang ada di Jejamuran seperti sate jamur, jamur tumis pedas, puyunghai jamur, telor dadar jamur dan masih banyak menu makanan lainnya.

Di Jejamuran  anda juga bisa mendapatkan minuman yang sudah terkenal kesegarannya yakni soda gembira,

Tertarik mencobanya? silahkan kunjugi Jejamuran yang ada di di Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Pandowo Harjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Manggar Manding

10. Manggar Manding

Jojga populer sebagai kota Gudeg. Pada umunya gudeg  terbuat dari nangka muda, tetapi lain halnya dengan di Manggar Manding, di Manggar Manding gudeg justru terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda.

Konon gudeg manggar adalah menu istimewa di kerajaan yang biasa disajikan bersama dengan tempe bacem dan sayur krecek. Oleh sebab itu, apabila anda menyantap gudeg manggar, sama dengan anda telah mencicipi sajian istimewa kerajaan.

Manggar memiliki khasiat yang sangat baik sebab dapat memancarkan kecantikan dari dalam. Oleh sebab itu gudeg manggar menjadi menu andalan para puteri kerajaan jaman dahulu kala.

Jika anda tertarik silahkan datang saja ke Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Bakmi Shibitsu

11. Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu, jika mendengar namanya pasti anda mengira kuiner dari jepang, padahal Bakmi Shibitsu adalah kuliner Jogja Asli yang beriri dari tahun 1980.

Pemilik dari Bakmi Shibitsu adalah Bu Gilah, Menu di Bakmi Shibitsu yang disajikan seperri rica-rica ayam, nasi goreng, mie godog, mie goreng dan masih ada menu yang lainnya. Di Bakmi Shibitsu anda bisa menentukan bahan mienya, mau menggunakan  mie bihun atau mie kuning.

Jika tertarik silahkan kunjungi langsung di Jalan Bantul No. 106, Bantul, Yogyakarta.

Angkringan Lik Man

12. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik man adalah salah satu tempat nongkrong untuk mencicipi aneka kuliner Jogja yang sayang jika anda lewatkan.

Angkringan atau bahasa Indonesianya adalah tempat nongkrong yang merupakan salah satu pilihan masyarakat Jogja untuk menghabiskna waktu dan makan.

Angkringan Lik man adalah salah satu angkringan yang terkenal di Jogja dan selalu ramai pengunjung. Angkringan Lik man terkenal Spesial dan merupakan angkringan pertama di Yogyakarta berdiri sejak tahun 1969.

Menu yang disajikan Angkringan Lik man sama dengan angkringan pada umumnya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Namun ada satu sajian yang khas, yaitu Kopi Joss.

Kopi Joss adalah menu andalan di tempat wisata kuliner Jogja ini. Cara menyajikan kopi ini sangat unik sebab kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Ketika arang dimasukkan akan terdengar bunyi ‘jooossss’ oleh sebab itu disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss mempunyai rasa unik yang khas dan tidak ada pada kopi lainnya. Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein membuat kopi ini aman bagi pencernaan Anda.

Angkringan Lik Man adalah salah satu tempat wisata kuliner terbaik untuk menikmati Yogyakarta di malam hari. Untuk menikmati Kopi Joss dan nasi kucing yang dilengkapi dengan lauk sederhana namun nikmat hanya butuh dana 10,000 - 15,000 rupiah saja.

Jika tertarik langsung datang aja ke Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta.  Jam buka: 18:00 – habis.

Bakso Idola Jogja

13. Bakso Idola Jogja

Bakso Idola adalah salah satu bakso yang terkenal di Jogja. Bakso idola merupakan salah satu tempat makan enak di Jogja yang sayang jika dilewatkan.

Di Bakso Idola kita  dapat mengkombinasikan porsi bakso kita dengan iga sapi yang pastinya akan membuat rasa bakso menjadi lebih gurih. Bakso idola rasanya enak dan porsinya yang wah, maka dari itu wajar saja jika Bakso Idola selalu ramai.

Jika tertarik langsung saja ke kawasan Jalan Taman Siswa No. 138, Yogyakarta.

Bungong Jeumpa Jogja

14. Bungong Jeumpa Jogja

Bungong Jeumpa adalah salah satu tempat makan enak yang menyajikan berbagai macam kuliner khas dari Aceh.

Bungong Jeumpa memiliki banyak cabang sebab masyarakat Jogja menggemari kuliner Aceh seperti Mie Aceh.

Rumah Makan Bungong Jeumpa menyajikan makanan yang di menggunakan bumbu rempah-rempah khas Aceh. Bungong Jeumpa buka  jam 8 pagi hingga jam 10 malam dan kita dapat memilih beberapa paket yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa seperti Nge-Mie, Ngopi, Nge-Nas, Nge-Mil dan istilah-istilah lainnya. Menu lain seperti Roti Cane, Martabak, Nasi Goreng, Mie Aceh, Kopi, Ayam Goreng dan beberapa makanan dan minuman lainnya yang sangat khas bercita rasa Aceh.

Jika anda tertarik Ada banayk cabang Bungong Jeumpa yang bisa anda kunjungi diantaranya di Ruko Demangan Niaga Jalan Demangan Baru, Jalan R.W. Monginsidi No. 12, Ruko Sagan Square, Jalan Prof. Yohannes, Ruko Seturan Square, Jalan Raya Seturan dan Jalan Kaliurang KM 5

Oseng Mercon Bu Narti

15. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti adalah kuliner Jogja  yang wajib anda kunjungi. Masakan yang disajikan di Oseng Mercon Bu Narti ini adalah  makanan pedas di Jogja yang sangat pas bagi para pencinta makanan pedas.

Oseng Oseng Mercon Bu Narti terbuat dari berbagai macam bahan seperti tulang muda, gajih, kulit dan kikil yang pastinya menggunakan cabe rawit. Menu makanan lainnya yang disajikan di Oseng Mercon Bu Narti ini seperti rempelo, babat, burung dara, bebek, lele dan untuk menghilangkan rasa pedas, tempat wisata kuliner di Yogyakarta ini juga menyediakan berbagai macam minuman.

Lokasi Oseng Mercon Bu Narti ada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan.

Mie Ayam Grabyas

16. Mie Ayam Grabyas

Mie Ayam Grabyas adalah salah satu kuliner di Jogja yang wajib anda kunjungi. Menikmati mie ayam dengan kuah panas di malam hari yang dingin di Jogja pasti akan sangat nikmat.

Mie Ayam Grabyas buka pukul 23.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Mie Ayam Grabyas adalah warung tenda di emperan, namun tidak pernah sepi pengunjung.

Jika anda berminat silahkan kunjungi Mie Ayam Grabyas yang ada di Jalan Malioboro, tepat di seberang hotel Inna Garuda.

17. Ayam Geprek Bu Rum

Warung Ayam Geprek Bu Rum adalah tujuan wisata kuliner Jogja berikutnya,

Warung Ayam Geprek Bu Rum sangat terkenal dikalangan pelajar Jogja, rasanya yang enak dan pedas membuat pengunjung yang pernah mencicipi ayam gepreknya pasti ketagihan. Menu jagoannya adalah ayam tepung yang di campur dengan sambal dapat di sesuaikan dengan selera anda.

Selain dapat menikmati Ayam Geprek, anda juga dapat mengkombinasikannya dengan sayur, tempe, telur dan tahu.

Warung ayam geprek Bu Rum ini selalu ramai, sebab harganya murah banget, hanya dengan 7000 rupiah saja kita sudah bisa menikmati sajian makanan di Ayam Geprek Bu Rum ini. Untuk dapat menikmati makanan di Ayam Geprek Bu Rum ini anda harus datang ke tempat ini antara jam 10 pagi sampai  jam 4 sore.

Lokasinya ada di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok, Yogyakarta.

18. D’Skybar ibis Styles

D’Skybar ibis Styles adalah tujuan wisata kuliner Jogja berikutnya yang wajib anda kunjungi.

Design bagian dalam D’Skybar ibis Styles sangat artistik. Suasananya sangat keren. Sangat cocok untuk nongkrong sambil menikmati sunset. Yang membuat lebih keren, resto ini ada di pinggir kolam renang!

D’Skybar ibis Styles
Ibis Styles Yogyakarta Jalan Dagen 109, Yogyakarta 55271
+6274 588889

Kedai Rakjat Djelata

19. Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat Djelata adalah tujuan wisata kuliner Jogja berikutnya. Mengusung konsep tempo dulu, Kedai Rakjat Djelata mempunyai daya tarik tersendiri di hati wisatawan yang datang berkunjung.

Saat masuk ke dalam Kedai Rakjat Djelata, anda akan dibawa ke suasana jaman dahulu dengan hiasan sepeda onthel di tengah ruangan dan peralatan makan yang terbuat dari seng dengan motif khas.

Di Kedai Rakjat Djelata anda bisa mendapatkan minuman yang sebelumnya hanya anda dengar dari cerita kakek nenek seperti teh oewoeh dan es kembang desa.

Semua menu diolah dan disajikan dengan suasana masa lalu. Anda sudah akrab dengan pisang bakar dan roti bakar? Dua kudapan ini disajikan dengan lelehan saus gula Jawa. Aroma tempo dulu kian terasa di sini dan sensasi berbeda.

Lokasi Kedai Rakjat Djelata ada di Jalan Dr. Soetomo 54, Yogyakarta.

Bakso dan Es Buah PK

20. Bakso dan Es Buah PK

Bakso dan Es Buah PK adalah tempat wisata kuliner Jogja berikutnya.

Menyantap semangkuk bakso dan es pada waktu cuaca sedang panas pasti sangat enak dan nikmat.

Di Bakso dan Es Buah PK menyediakan: Bakso komplit hanya 8 ribu rupiah: denngan isiian mie, sayur, bakso pastinya, tahu pong dan bakso goreng.

Es buah hanya 6 ribu rupiah: Isiian berupa cincau, tape, roti, dll.

Bakso dan Es Buah PK lokasinya ada di Jl. HOS Cokroaminoto (sebelah timur jalan).

Gudeg Bromo

21. Gudeg Bromo

Wisata kuliner Jogja selanjutnya yaitu Gudeg Bromo. Gudeg Bromo adalah salah satu tempat makan enak di Jogja pada malam hari.

Gudeg Bromo menyediakan gudeg basah beserta berbagai macam tambahan lauk seperti tahu, tempe, ceker, telur dan ayam. Sambal kreceknya pun memiliki citarasa gurih dan pedas. Gudeg Bromo buka dari pukul 23.00 WIB. Gudeg Bromo sudah terkenal hingga Jakarta, banyak artis-artis yang suka makan di sana.

Gudeg Bromo lokasinya di Jalan Gejayan, tepatnya di utara gedung pusat kampus Sanata Dharma

Manggut Lele Mbah Marto

22. Manggut Lele Mbah Marto

Bagi anda yang suka dengan ikan lele, tempat wisata kuliner Jogja yang satu wajib anda kunjungi yaitu Manggut Lele Mbah Marto.

Rasa mangut lele mbah Marto berbeda dengan yang lainnya. Daging lelenya keset, pedas dan khas masakan tungku. Karena, lele terlebih dahulu ditusuk menggunakan pelepah daun kelapa lalu di panggang di atas tungku menggunakan kayu bakar hingga matang lalu dimasak bersama bumbunya.

Proses memasak  menggunakan kayu bakar inilah yang membuat citarasa “asap” yang khas pada ikan lelenya. Walaupun memakai kuah santan, namun kuahnya cair berwarna merah terang, mengindikasikan bahwa cabai yang dipakai banyak. Kreceknya cukup lembut namun tidak sepedas mangut lelenya, untuk sayur daun pepayanya juga enak dan tidak pahit.

Manggut Lele Mbah Marto lokasinya di Dusun Nengahan, Ngiring-Ngiring, Panggungharjo, Sewon, Bantul

Soto Sampah

23. Soto Sampah

Soto Sampah adalah salahsatu kuliner Jogja yang populer, karena kelezatan rasanya. Namun bertolak belakang dengan namanya ya :).

Dinamai soto sampah sebab soto ini bisa dipesan beserta berbagai lauk yang tersedia. Seperti goreng-gorengan hingga oseng-oseng. Lalu, lauk pauk ini diublek menjadi satu ke dalam soto tersebut. Satu lagi, soto ini pun memiliki sebaskom remah-remah gorengan yang bisa diambil sesuka hati.

Jika anda tertarik untuk mencobanya, silahkan datang saja ke Jalan Kranggan, depan SPBU Kranggan ini sebenarnya buka 24 jam. Namun, biasanya akan lebih ramai saat pukul 22.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

Rosella Easy Dining
Rosella Easy Dining via tripadvisor.com

24. Rosella Easy Dining

Rosella Easy Dining adalah tempat makan enak di Jogja yang wajib dikunjungi. Tempat ini sangat terkenal dengan pelayanannya yang ramah dan memuaskan.

Menu hidangan yang harus anda cicipi di Rosella Easy Dining seperti nasi campur / nasi pecel, kombinasi dari menu sederhana yang enak banget! Ada rendang, tempe orek, perkedel, pecel, dan telur!

Rosella Easy Dining ini lokasinya dipinggir sawah ya guys, jadi suasananya mantap banget.

Rosella Easy Dining
Jl. Kabupaten | Trihanggo, Gamping, Sleman Regency, Yogyakarta 55291
+62 274 5306144

Nasi Rames Demangan

25. Nasi Rames Demangan

Tempat kuliner Jogja malam hari yang wajib dikunjungi juga yaitu warung nasi Rames Demangan.

Di warung nasi Rames Demangan menyajikan berbagai menu lezat yang siap saji.

Warung nasi rames Demangan merupakan favorit mahasiswa Yogyakarta, karena pilihan lauknya banyak dan harganya cukup murah.

Warung nasi rames ini berbentuk warung tenda, lokasinya di Jalan Demangan. Buka sekitar pukul 21.00 WIB hingga dini hari.

Kesuma Restaurant
Kesuma Restaurant via tripadvisor.co.id

26. Kesuma Restaurant

Bagi anda pecinta ayam, Kesuma Restaurant adalah salah satu tempat makan enak di Jogja yang menyajikan olahan ayam yang lezat, salah satu menu jagoannya adalah ayam areh.

Sekilas penampilan ayam areh hampir sama dengan rendang ayam, tapi ternyata lain.

Jika anda tertarik silahkan kunjungi:

Kesuma Restaurant
827, Gang Sartono | Mantrijeron, Yogyakarta 55143
+62 851-0024-5027

The Sawah, Bantul via tripadvisor.co.nz

27. The Sawah, Bantul

The Sawah adalah tempat makan enak di Jogja yang wajib kita kunjungi berikutnya.

The Sawah terkenal dengan pelayanan yang ramah dan pemandangan yang keren. Anda bisa menikmati berbagai masakan khas Jawa yang lezat. Seperti sate daging, soto ayam dan masih banyak menu lainnya.

The Sawah
Sekarpetak RT/RW 01/37 No. 1
Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55184
+62 817-464-833



Abhayagiri Restaurant

28. Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant adalah tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka makanan lezat dan salah satu tempat Romantis di Jogja.

Di Abhayagiri Restaurant, pemandangannya sangat indah dari atas ketinggian.

Abhayagiri Restaurant adalah bagian dari Sumberwatu Heritage, adalah sebuah resort yang menawarkan villa serta hotel dengan konsep yang kental dengan budaya Jawa.

Abhayagiri Restaurant terletak di atas bukit ini dan juga lokasinya berdekatan dengan beberapa candi seperti Candi Sojiwan dan Candi Prambanan. Kita juga dapat melihat Gunung Merapi dan Kota Jogja dari kejauhan. Jika kita datang ke restoran ini di malam hari, kita dapat melihat kerlap kerlip lampu kota dan desa sekitar yang menambah suasana romantis.

Menu yang disajikan Abhayagiri Restaurant diantaranya seperti Abhayagiri duck speciale, pan roasted salmon, chicken steak teriyaki, Abhayagiri chicken steak , dan masih banyak lagi.

Lokasi Abhayagiri Restaurant ada di Sumberwatu Village, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, telp +62274 – 4469277

Mediterranea Restaurant
Mediterranea Restaurant via tripadvisor.com

29. Mediterranea Restaurant

Tempat wisata kuliner Jogja berikutnya yaitu Mediterranea Restaurant yang menyediakan makanan Timur Tengah.

Restoran ini memiliki design interior yang keren. Menu di restoran ini enak banget, seperti mushroom risotto dan Duck Breast, jika sudah mencicipinya pasti pingin lagi dan lagi.

Mediterranea Restaurant
Jalan Tirtodipuran no 24A | Mantrijeron, Yogyakarta 55143
0274-371 052

Bakmi Mbah Mo

30. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo adalah tempat wisata kuliner berikutnya, yang menyajikan bakmi yang lezat. Bakmi Mbah Mo sangat populer dan legend.

Bakmi Mbah Mo buka jam 17.00 – 23.00. Menu andalannya yaitu bakmi nyemek, bakmi goreng dan bakmi godok, ada yang biasa dan yang istimewa. Bakmi istimewa adalah bakmi yang ditambahkan dengan paha, sayap, ati ampela atau brutu. Bakmi biasa harganya 10000/ porsi, dan yang istimewa 16.000/ porsi.

Banyak pelanggannya yang datang dari luar kota. Menu jagoan Mbah Mo adalah mie rebus, sedangkan minuman andalannya adalah teh jahe. Warung Mbah Mo tetap buka dihari libur atau tanggal merah.

Lokasi Bakmi Mbah Mo di Desa Code, Bantul, Yogyakarta Telp. 0274-7486979, 081548557743

Sop kaki kambing Bang Udin

31. Sop kaki kambing Bang Udin

Wisata kuliner Jogja berikutnya adalah Sop kaki kambing Bang Udin yang sayang jika anda lewatkan.

Pengunjung warung sop kaki kambing bang Udin tidak hanya warga Jogja saja tetapi banyak juga wisatan yang berkunjung kesana.

warung sop kaki kambing bang Udin tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin mencicipi lezatnya sop kaki kambing. Selain tersedia meja dan  tempat duduk, pengunjung bisa juga lesehan di emperan jalannya. Pada baskom-baskom penjual terdapat aneka jerohan, kaki hingga torpedo yang dapat kita pilih sesuai selera. Untuk harga jangan khawatir, karena harga di sop kaki kambing bang Udin benar-benar terjangkau.

Tertarik? lokasinya yang berdekatan dengan bundaran UGM atau tepatnya depan SMPN 1 Yogyakarta, Jl.Cik Ditiro.

Sego Pecel (SGPC) Bu Wiryo

32. Sego Pecel (SGPC) Bu Wiryo

Tempat wisata kuliner berikutnya adalah Nasi pecel Bu Wiryo. Bahan isian dari Sego pecel adalah kangkung, tauge, kacang panjang, bayam dan lain-lain disiram menggunakan bumbu pecel yang terbuat dari kacang.

Sego Pecel Bu Wiryo adalah salah satu sego pecel yang terkenal di kota Jogja. Lokasi Sego Pecel Bu Wiryo ada di sekitar kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Ciri khas dari sego pecel Bu Wiryo ini adalah rasa bumbu pecelnya memiliki perpaduan manis dan pedas yang pas.

Untuk lauknya, tersedia berbagai gorengan seperti tahu, tempe, kerupuk aci, kerupuk gendar, bakwan, telor ceplok dan lain sebagainya.

Siomay Kang Cepot

33. Siomay Kang Cepot

Tempat wisata kuliner Jogja berikutnya adalah Siomay kang Cepot yang berlokasi di Jln. Kaliurang km 8 Yogyakarta , 0274 7812344.

Siomay kang Cepot merupakan salah satu favorit anak-anak muda di Jogja, makanan ini sangat merakyat disamping itu rasanya yang enak dan lezat.

Warung Siomay kang Cepot ini selalu ramai pembeli karena harganya terjangkau dan rasanya yang enak. Kita bisa memilih sendiri siomay yang kita mau, jadi sesuai dengan selera. Pilihannya: siomay ikan (tengiri), siomay udang, siomay ayam, tahu, kol, kentang, dan pare. Harga rata-rata per-bijinya adalah 1,500 rupiah kecuali siomay udang.

Bumbu kacangnya ada 2 pilihan : Pedas dan Tidak pedas. Rasa manis dan gurih dari bumbu kacangnya sangat pas dikombinasikan dengan siomay yang terasa banget ikannya.

Siomay kang cepot buka jam 10.00 – habis (biasanya 20.00).

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

34. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Tempat wisata kuliner Jogja yang berikutnya adalah Soto Ayam Kampung pak Dalbe, lokasinya ada di jalan Jend. Sudirman, Jogjakarta, berada tepat di tengah-tengah antara Gereja Baptis Indonesia Anugerah dan Pizza Hut.

Warungnya sangat kecil dan sederhana, walaupun warungnya  kecil, tapi pembelinya ramai terus. Seporsi soto ayam campur harganya hanya 6 ribu rupiah, gorengan 500 rupiah dan untuk sayap dan satenya hanya 1.500 rupiah.

Menu Andalan: Soto Ayam Kampung (Rp. 6.000)
Jam Buka: 06.00 – 13.00
Alamat Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Jogjakarta Telp . 08121556373, 081328712457

Bakso Mawut

35. Bakso Mawut

Tempat wisata kuliner berikutnya adalah Bakso Mawut. Rasanya yang enak dan lezat membuat orang yang mencicipinya pasti ketagihan.

Bakso Mawut sangat populer karena rasanya yang nikmat. Sang pemilik Dini Mawut sangat inovatif dan kreatif dan berani dalam berinovasi dalam bisnisnya, itulah yg menyebabkan Bakso Mawut terkenal bahkan beberapa kali diliput TV swasta nasional.

Daging yang digunakan pada Bakso Mawut adalah daging berkualitas itulah rahasia kelezatannya. Dhini sengaja memakai jenis daging sapi segar kualitas super, meski tergolong mahal namun kualitas rasa dijamin nomor satu. Daging pada Bakso Mawut benar-benar terasa berbeda dengan bakso lain. Jika anda ulang tahun anda bisa makan gratis di Bakso Mawut.

Lokasi Bakso Mawut di Jalan Panembahan Senopati No. 17C Kota Magelang. Harga yang dipatok pun relatif terjangkau, mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per porsi. Bakso Mawut ini di kota Magelang ya guys dari Jogja sekitar 40 KM.

Kedai 24

36. Kedai 24

Tempat wisata kuliner berikutnya yaitu Kedai 24. Kedai 24 termasuk salah satu tempat nongkrong anak muda Jogja, sambil nongkrong sambil menikmati berbagai macam sajian lezat untuk mengisi perut.

Lokasi kedai 24 sendiri ada dua yaitu:

Alamat I : Jl. Damai no. 2, Jakal km 8,5, Sleman, Yogyakarta

Alamat II : Jl. Kledokan no. 3, Sleman, Yogyakarta

Menu yang ditawarkan Kedai 24 sangat sederhana seperti mi instan dan nasi sarden. Yang bikin unik adalah nama menunya yang vulgar. Seperti contohnya: MIYABI (MIe Yang tAk BIasa), GIGOLO (Gerombolan nasI GOreng sesuka LO), SOUPerma (Soup Cream ala Kedai), dan masih banyak lagi nama unik yang lain. Selain unik, harga yang diwarkan relatif murah untuk anak sekolah dan mahasiswa.

Bakmi Pele

37. Bakmi Pele

Tempat wisata kuliner Jogja berikutnya adalah Bakmi Pele, yang memiliki citarasa khas dan sayang jika dilewatkan. Bakmi Pele mempunyai citarasa yang khas berbeda dari bakmi jawa lainnya.


lokasi penjualnya, yaitu di daerah Sidoarum, Godean, Sleman. Pas pertigaan Jl. Bantulan dan Jl. Godean. Warung pertamanya di alun-alun Yogyakarta.

Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

38. Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Tempat wisata kuliner Jogja berikutnya yaitu Warung Ijo “Bu Padmo”. Bicara soal brongkos, mungkin Warung Ijo “Bu Padmo” adalah jawaranya. Warung yang terletak di Tempel, Sleman (di bawah jembatan Krasak) ini sangat populer dikalangan pecinta kuliner karena kelezatannya.

Mungkin diantara anda ada yang belum tau apa itu Brongkos? Brongkos adalah sejenis sajian sayur yang diolah dari berbagai bahan diantaranya yang menonjol adalah kacang tolo, kluwak dan mlinjo. Kuliner sego brongkos ini bisa dikombinasikan dengan lauk seperti ayam, daging sapi, dan telur.

Gudeg Yu Djum

39. Gudeg Yu Djum

Wisata kuliner Jogja berikutnya yaitu Gudeg Yu Jum yang sayang jika anda lewatkan jika sudah berada di Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum ini adalah tempat paling tenar untuk membeli gudeg kering. Jika anda berkunjung ke Gudeg Yu Djum, anda akan disambut lagu keroncong dari seorang penyanyi keroncong tua.

Sayur nangka pada Gudeg Yu Djum memiliki ciri khas perpaduan manis dan gurih, dan, yang membuat tambah lengkap adalah sambal goreng kreceknya yang bikin wow di mulut. Krecek diiris tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, gudeg ini tambah mantap.

Tertarik untuk mencobanya? silahkan datang ke Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta (Jam buka: 05.00-19.00)

Soto Sulung Stasiun Tugu

40. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung Stasiun Tugu adalah tempat wisata kuliner Jogja berikutnya. Soto Sulung adalah kuliner khas Madura. walaupun dari Madura, akan tetapi Soto Sulung sangat populer di Jogja.

Soto Sulung Stasiun Tugu, telah berdiri sejak tahun 1968. Soto Sulung isiannya daging sapi dan jeroan sapi beserta kuah yang pekat ditambah potongan telur rebus.

Nilai plus Soto Sulung Stasiun Tugu ini ada pada dagingnya yang empuk, tidak amis, dan bumbu yang meresap sempurna. Jika anda sudah mencicipinya pasti ketagihan! Warung soto yang berlokasi di kios area parkir selatan Stasiun Tugu ini kini telah memiliki banyak cabang di penjuru Yogyakarta.

Sate Petir Pak Nano Jogja

41. Sate Petir Pak Nano

Tempat wisata kuliner berikutnya yaitu Sate Petir Pak Nano. Mendengar nama petir apa yang terlintas dipikiran anda? namun berbeda dengan petir yang ada di sate pak Nano, petir disini maksudanya rasa pedas bagai tersambar petir.

Sate Petir pak Nano berdiri tahun 1984 di daerah Patangpuluhan. Sate Petir menjadi terkenal dan populer. Karena tempatnya yang tidak memadai lagi, pada 1990 Pak Nano pindah ke daerah Tirtonimolo agar para pecinta sate petir lebih nyaman.

Di sini, para penggemar sate kambing ataupun tongseng, bisa memesan seberapa pedas sate petir yang ingin dinikmati. Sate petir buka mulai jam 12 siang dan biasa habis pas Magrib, sate dibandrol Rp. 19.000 saja.

Tertarik Untuk mencobanya? Silahkan mampir ke Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Phone: 0851-0048-4197

42. Nasi Campur Gejayan Pak Yo

Nasi Campur Gejayan Pak Yo adalah tempat wisata kuliner berikutnya. Mencari kuliner di kota Jogja malam hari sangatlah mudah. Salah satu kuliner menarik yang dapat kita kunjungi, salah satunya di Jalan Gejayan yang sering disebut sebagai Jalan Afandi, sebelum lampu merah di seberang jalan. Nasi Campur Gejayan Pak Yo ini hanya menempati emperan Apotik Ardi Farma, jadi hanya buka mulai dari jam setengah 10 malam hingga jam 4 dini hari. Untuk aksesnya cukup mudah, karena jalan ini merupakan jalan utama. Kalau misal dari Jalan Ring Road Utara, tinggal arahkan kendaraan menuju jalan Gejayan (Jl. Afandi) langsung, lurus terus ke Selatan sampai ketemu lampu merah yang menuju ke jalan Solo, warungnya tepat berada di sebelah kanan.


Nah itu dia 42 Kuliner Jogja Yang Harus Dikunjungi, semoga bermanfaat untuk anda jika liburan ke Jogja. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks