Makanan Enak Di Makassar Yang Wajib Dicoba

Kuliner Makassar - Bagi Anda yang mencari Makanan Enak di Kota Makassar, kali ini kta akan membahas wisata kuliner di Makassar. Makassar dahulu Ujung Pandang disebut juga Kota Angin Mammiri atau Kota Daeng, terkenal akan kulinernya yang enak dan lezat. Banyak juga makanan khas Makassar atau makanan khas Sulawesi Selatan atau masakan khas Makassar seperti coto makasar atau coto makassar, pallu basa, sop konro, kapurung, pisang epe, es pisang ijo, dan masih banyak lagi. Banyak juga oleh oleh khas makassar yang biasa menjadi incaran para wisatawan lokal. Untuk tempat wisata di makassar agak kurang ya, karena kebetulan saya tinggal di Makasssar, namun pada lain kesempatan nanti akan saya bahas juga tentang wisata Makassar dan tempat wisata Makassar.

Kota Makassar terdapat 2 juta jiwa yang tinggal di Makaasar Sulawesi, cukup banyak karena memang Makassar salah satu kota besar di Indonesia. Ikon Makassar yaitu pantai Losari, disana setiap hari nya selalu ramai kalo di Bali seperti di pantai Kuta, namun bedanya kalo di pantai Kuta kita bisa turun main air, di pantai Losari tidak bisa, jadi hanya tempat nongkrong saja. Pantai Losari Makassar juga selalu menjadi incaran para wisatawan. Nah jika Anda ingin mencari oleh oleh khas Makassar kalo dari Pantai Losari itu dekat tinggal belok ke kanan alias cari jalan Somba Opu, disana banyak toko yang menjual oleh oleh Makassar.

Wisata kuliner Makassar juga menjadi destinasi para wisatawan, karena memang Makassar terkenal makanannya yang khas dan enak. Ciri khas makanan atau orang Makassar itu pedas dan asem, karena rata-rata orang Makassar kalo makan apa saja biasanya menggunakan jeruk nipis. Jadi jika wisata di Makassar pasti akan mencari wisata kuliner Makassar. Wisata kuliner di makassar semakin hari semakin ramai karena lonjakan kunjungan wisatawan, karena Makassar sering menjadi agenda banyak pertemuan-pertemuan, seperti rapat partai politik dan laim-lain.

Baca juga: 42 Kuliner Jogja Yang Harus Dikunjungi

Kuliner di Makassar memang memiliki ciri khas dan rasanya enak dan lezat, oleh karena itu kita akan membahas rumah makan di Makassar dan makanan Makassar yang enak dan mantap. Jadi bisa sebagai refrensi Anda jika ingin ke Makassar atau sedang berada di kota Makassar. Yuk kita simak tempat makan enak di Makassar yang wajib dikunjungi.

Makanan Enak Di Makassar Yang Wajib Dicoba


Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi, Wisata Kuliner di Makassar

1. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

Sop Konro Karebosi adalah wisata kuliner khas Makassar yang wajib Anda kunjungi, rasanya sangat enak dan lezat. Kalo favorit saya iga bakar, rasanya mantap poll. Wisata kuliner sop konro Karebosi terletak di Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115, peta lokasi klik disini. Menu yang ditawarkan yaitu Sop konro dan iga bakar. Sop konro Karebosi sudah menjadi legenda di Makassar karena sudah ada sejak tahun 1968.

Sop konro dan iga bakar menggunakan iga sapi, kita bisa memilih ingin menggunakan nasi atau ketuppat dan buras (seperti lontong namun dimasak menggunakan santan). Konro bakar Makassar disajikan dengan bumbu kacang yang khas membuat selera makan bertambah. Sop konro karebosi salah satu kuliner khas Makassar yang wajib Anda kunjungi. Harga yang ditawarkan mulai dari 30 ribu rupiah.

Mie Hengki Makassar, Wisata Kuliner di Makassar

2. Mie Hengki

Tempat makan di makassar berikutnya yaitu Mie Hengki Makassar merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang terkenal di Makassar. Menyajikan menu Mie kering Makassar, mie Hengki terletak di jalan Nusantara No. 354, Makassar, depan pelabuhan Makassar.

Mie kering Makassar adalah olahan mie china yang memiliki cita rasa lezat. Mie kering disajikan beserta dengan cumi-cumi, irisan ayam, jamur dan hati. Mie Hengki buka mulai jam 07:00 malam sampai jam 12:00 malam. Mie kering Hengki memiliki cita rasa yang khas, namun untuk tempat agak kurang ya guys, kalo rasanya sih mantap. Harga per porsi mie kering 18 ribu rupiah saja. Jadi bagi Anda yang mencari tempat makan murah di makassar mie Hengki bisa menjadi pilihan.

Pallu Basa Serigala Makassar, Wisata Kuliner Makassar

3. Pallu Basa Serigala

Makanan enak Makassar berikutnya yaitu Pallu Basa Serigala. Pallu itu bahasa Makassar yang artinya kelapa atau santan. Rumah makan Makassar yang satu ini tempatnya tidak terlalu besar dan selalu ramai pengunjung. Yang dipakai bukan daging Serigala ya guys, Serigala itu nama jalan, Pallu Basa Serigala terletak di jalan Serigala No. 54, Makassar, Sulawesi Selatan 90135, peta klik disini. Pallu Basa Serigala sangat populer di Makssar, buka dari jam 11:00 siang hingga 10:00 malam WITA, H. Haerudin merupakan pemilik dari Pallu Basa Serigala.

Pallu Basa adalah menu andalan di Pallu Basa Serigala, yang isiannya berupa daging sapi, jantung, limpa, usus, babat, hati dan paru serta ada juga telur mentah, namun Anda bisa memilih misal mau daging saja bisa kok. Harga seporsi pallu basa mulai 15 ribu rupiah, belum termasuk nasi, jika + nasi dan es teh sekitar 28 ribu rupiah.

Coto Gagak Makassar, Makanan Enak, Wisata Kuliner di Makassar

4. Coto Gagak

Coto Gagak Makassar adalah masakan Makasar yang khas. Coto Gagak bukan dari daging gagak ya guys, karena terletak di jalan gagak makanya namanya Coto Gagak. Coto Makassar adalah kuliner yang sangat populer di kota Makassar, nah untuk tempat yang recommended salah satunya Coto Gagak Makassar. Coto Gagak terletak di Jalan Gagak No.27 Mariso, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90121, peta klik disini, sudah berdiri sejak tahun 1970. Jadi soal rasa tidak perlu dikhawatirkan lagi.

H Jamaliddin merupakan pemilik dari Coto Gagak Makassar. Coto Gagak buka 24 jam ya guys jadi kalo tengah malam pas di Makassar kelaparan langsung aja cuss ke Jalan Gagak no 27, cari deh Coto Gagak. Harga yang ditawarkan per porsi 25 ribu rupiah.

Coto Daeng Makassar, Wisata Kuliner di Makassar, Makanan Enak

5. Coto Daeng

Makanan khas makasar yang satu ini memang banyak sekali yang menjualnya dan ada beberapa temapat yang enak dan populer. Coto Daeng Makassar adalah tempat wisata kuliner Makassar berikutnya. Kalo mau cari makanan murah di Makassar coto Daeng bisa menjadi solusi, per porsi hanya 10 ribu rupiah saja. Kuliner Makasar yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 2006, terletak di Jalan Sultan Alauddin No.84 Tamalate, Kota Makassar. Coto daeng memiliki cita rasa yang enak dan gurih serta daging yang empuk.

Ciri khas coto Makassar yaitu disajikan dengan ketupat, namun jika tidak suka ketupat kita bisa memesan nasi putih juga kok. Jadi kalo cari makanan murah dan enak di Makassar bisa langsung ke coto Daeng Makassar.

Kampoeng Popsa Makassar, Wisata Kuliner di Makassar, Makanan Enak

6. Kampoeng Popsa Makassar

Wisata kuliner di Makassar berikutnya yaitu Kampung Popsa. Kampung Popsa adalah satu tempat yang terletak di pinggir pantai dan disana terdapat food court, jadi Anda bisa memilih makanan yang Anda suka. Berbagai macam makanan yang tersedia disini seperti Supper Pepper, Kebab Turki, Texas Fried Chicken, dan stand Frozen seperti King Berr’s dan Miami. Makanan yang terkenal di Kampoeng Popsa yaitu mie bebek ada juga makanan khas Makassar seperti mie titi, nasi goreng merah, ikan bakar, coto, pisang ijo, dll.

Pemandangan di Kampung Popsa sangat bagus karena di pinggir pantai, jadi jika sore bisa melihat sunset sambil menikmati makanan, sangat cocok jika bersama pasangan Anda. Selain itu jika malam minggu akan disuguhkan live band alias musik hidup, nah jika malam minggu harus lebih awal datangnya karena kalo agak malam pasti full alias ga kebagian meja, karena banyak yang nongkrong menikmati live musik sambil minum bir. Oh ya disini juga ada sisha ya guys, jadi bagi pengemar sisha bisa sambil hisap sisha. Lokasi Kampoeng Popsa ada di Jl. Ujung Pandang No.4, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171, jam buka mulai 10 pagi hingga 12 malam.

Sop Saudara Jalan Irian, Makanan Enak Di Makassar

7. Sop Saudara Jalan Irian

Sop Saudara adalah makanan khas Makassar, tepatnya dari kabupaten Pangkep yang jaraknya kurang lebih 60 km dari Makassar, Sop Sudara isinya terdiri dari daging sapi, jeroan, bihun, kentang dan kuah. Namun kita bisa memilih isian yang kita mau misalnya daging saja atau paru saja, atau jeroan yang lainnya.

Warung Sop Saudara jalan Irian adalah salah satu Sop Saudara yang terkenal di Makssar, sudah berdiri dari tahun 1970. Namun ada bebrapa Sop Saudara yang terkenal dan enak seperti di jalan Andalas yang konon masih saudara dari sajaln Irian. Warung Sop Saudara jalan Irian ini buka 24 jam guys, jadi kalo malam-malam kelaparan pas ada di Makassar ga usah binggung, langsung aja ke Sop Saudara jalan Irian yang letaknya dekat dengan pasar Sentral Makassar.

Satu porsi sop saudara + nasi putih dibandrol kurang lebih 28 ribu rupiah, disana tersedia juga telor bebek yang sudah matang harganya 5 ribu rupiah, jika dikombinasikan dengan telur bebek akan lebih mantap.

Warunk Upnormal Makassar, Makanan Enak Di Makassar

8. Warunk Upnormal Makassar

Warunk Upnormal atau Cafe Upnormal merupakan tempat makan kekinian di Makassar yang sedang menjadi perbincangan. Warunk Upnormal Makassar yang terletak Jl. Landak Baru no 72 Makassar ini merupakan cafe franchise yang berasal dari Jakarta, dan Makassar merupakan cabang ke 7. Jargon dari Warunk Upnormal yaitu Indomie kekinian, namun ada juga menu roti bakar, nasi, susu segar dan kopi Gayo. Kopi Gayo yaitu kopi arabika Sumatera.

Warunk Upnormal memiliki parkiran mobil dibelakang yang luas, dan untuk cafe nya sendiri tempatnya juga luas kok guys, memiliki dua lantai, di lantai dua ada ruangan VIP dan teras area. Untuk masalah rasa makanan di cafe Upnormal overall enak guys, recommended deh. Untuk menu nasi, nasi gokil salah satu menu nasi yang recommended, terdiri dari telur dadar, kikil dan nasi.  

Warunk upnormal memang cafe kekinian karena seluruh ruangannya didesign instagramable banget, jadi bagus banget buat foto-foto. Fasilitas yang tersedia di Warunk upnormal yaitu kartu uno serta permainan lainnya yang buat tambah betah di Warunk upnormal. Ada fasilitas mushola juga ya guys di lantai 3. Jadi jika ingin mencobanya langsung aja ke Jl Landak Baru no 72 Makassar.

RM Paotere Makassar, Makanan Enak Di Makassar

9. RM Paotere Makassar

Wisata kuliner Makassar berikutnya yaitu Rumah Makan Paotere Makassar. RM Paotere Makassar yang terletak di Jl. Sabutung No.46, Gusung, Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini menyediakan aneka seafood. Ada yang bilang kalo kita berkunjung ke Makassar harus makan seafood, kalo ga berarti belum sah atau sama aja ga ke Makassar. Memang orang Makassar sangat suka dengan ikan atau seafood.

H. Tawakkal merupakan pemilik dari rumah makan Paotere yang sudah sangat terkenal, bahkan sering menjadi kunjungan para artis, wakil Presiden Jusuf Kalla, hingga mantan Presiden SBY, yang dapat kita lihat banyak foto-foto di dinding RM Paotere tersebut. Letak RM Paotere ini dekat dengan pelabuhan, yang memang sumber aneka seafood diambil dari pelabuhan Paotere.

Menu favorit di RM Paotere adalah ikan Bandeng atau kalau di Makassar dikenal dengan nama ikan Bolu, tapi bukan kue ya guys ^_^ dan ikan baronang. Salah satu menu sayur yang enak yaitu sayur santan yang memang biasa sering kali menjadi pendamping makan ikan. Sayur santan sendiri berisi kol, kacang panjang dan tomat hijau.

Jika jam makan siang, tempat ini akan ramai sekali jadi harus datang lebih awal kalo tidak akan waiting list alias ngantri. Walau begitu orang tetap saja rela mengantri demi makan seafood di RM Paotere ini.

Untuk harga di RM Paotere terbilang relatif murah satu porsi ikan bandeng, 2 piring nasi + 1 es teh dibandrol sekitar 35 ribu rupiah sudah termasuk sayur santan ya guys. Jika Anda penggemar seafood makan RM Paotere wajib Anda kunjungi.

Rumah Makan Nelayan Makassar, Makanan Enak Di Makassar

10. Rumah Makan Nelayan Makassar

Rumah Makan Nelayan adalah restoran seafood yang terletak di Jalan Ali Malaka No. 25, Makassar dekat dengan Pantai Losari. Rumah Makan Nelayan, sangat populer bukan hanya di Makassar namun para wisatawan luar negeri juga sudah banyak yang mampr kesini.

Rumah Makan Nelayan adalah tempat yang menyajikan seafood berkualitas, jadi jika Anda pecinta seafood yang sedang berada di Makassar maka Rumah Makan Nelayan wajib dikunjungi selian RM Paotere. Rumah Makan Nelayan tempatnya tidak terlalu luas namun tempatnya bersih dan sefood yang disajikan segar-segar. Tempat ini recommende ya guys, saya juga pernah makan disini soalnya. Pokoknya jika Anda pecinta seafood wajib lah mengunjungi RM Nelayan..


Nah itu dia Makanan Enak Di Makassar Yang Wajib Dicoba, nanti kita akan update lagi. Jangan lupa like dan share ya guys. Thanks