Kuliner Surabaya Enak dan Wajib Dikunjungi

Kuliner Surabaya - Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia, yang memiliki sebutan Kota Pahlawan, karena memang merupakan kota yang melakukan perlawanan terhadap penjajah. Wisata Surabaya merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia selain Jakarta, Bali, Bandung dan kota kota lain. Tempat wisata di Surabaya juga banyak sekali seperti Monumen Pahlawan di Surabaya, patung Buddha dengan Empat Wajah, Jembatan Merah, Monumen Kapal Selam, dan masih banyak lagi. Selain wisata oleh oleh khas Surabaya juga menjadi incaran para wisatawan.

Selain tempat wisata Surabaya, Surabaya juga terkenal akan wisata kuliner Surabaya. Ada banyak kuliner di Surabaya serta makanan khas Surabaya yang enak dan lezat. Wisata di Surabaya akan memberikan sensasi tersendiri yang tak terlupakan, karena selain banyak objek wisata juga banyak tempat makan enak di Surabaya serta oleh oleh Surabaya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas makanan enak di Surabaya, pada kesempatan berikutnya mungkin saya akan membahas oleh2 khas Surabaya, salah satunya yang terkenal wisata rasa Surabaya.

Baca juga: 42 Kuliner Jogja Yang Harus Dikunjungi

Tempat makan di Surabaya mulai dari yang murah dan yang mahal akan kami bahas nanti, jenis makanannya pun beraneka ragam seperti bakso enak di Surabaya dan juga restoran di Surabaya serta tak ketinggalan kuliner malam Surabaya atau wisata malam Surabaya. Yuk kita simak Kuliner Surabaya Enak dan Wajib Dikunjungi.

Kuliner Surabaya Enak dan Wajib Dikunjungi


Bebek Tugu Pahlawan Surabaya, Kuliner Surabaya
Via tripadvisor.co.id

1. Bebek Tugu Pahlawan

Bebek tugu pahlawan merupakan wisata kuliner di Surabaya yang harus Anda kunjungi. Bebek tugu pahlawan sangat populer di Surabaya.

Warung tenda bebek tugu pahlawan terletak di seberang tugu pahlawan. Walau sederhana, warung bebek tugu pahlawan selalu ramai pembeli, buka mulai jam 6:00 sore.

Kadang pembeli harus antri untuk membeli atau menyantap seporsi nasi bebek dan sambalnya yang mantap. Bebek tugu pahlawan termasuk wisata kuliner surabaya murah, karena hanya dengan 20 ribu rupiah Anda sdh mendapat seporsi nasi bebek + sambalnya.


Mie Pecun Surabaya, Kuliner Surabaya

2. Mie Pecun

Wisata kuliner Surabaya berikutnya adalah Mie Pecun. Mie pecun sangat populer di Surabaya, Mie Pecun menyajikan tingkat-tingkat kepedasannya seperti medium, paket klimax (super pedas), paket galau (pedas biasa), paket semriwing (pedas sedang) dan paket culun (tidak pedas).

Ada juga menu tambahan yang bisa menjadi pendamping mie pecun seperti udang, telur dan kornet.

Mie yang digunakan oleh warung mie Pecun adalah mie instant biasa namun cang owner cukup kreatif dengan menambahkan aneka variasi. Sama seperti mie instan pada umumnya tersedia goreng dan rebus. Oh ya Pecun disini kepanjangannya yaitu Pedas bebas raCun.

Nama menu makanan di warung Mie Pecun pun sangta kreatif dan sedikit vulgar seperti untuk mie goreng: Pecun Bahenol, Pecun Maniac, Pecun Bugil dan Pecun Senggol Telor. Untuk mie rebus diberi nama seperti: Pecun Gatal, Pecun Mletek Suwek, Pecun Klomoh dan Pecun Beceks.

Lokasi Mie Pecun di Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251


Gado-Gado Arjuno Surabaya, Kuliner Surabaya
Via tripadvisor.co.id

3. Gado-Gado Arjuno Surabaya

Wisata kuliner Surabaya berikutnya yaitu Gado-gado Arjuno Surabaya. Yang berlokasi di Jalan Arjuna, Surabaya, sekitar 900 meter dari Pasar Kembang. Tepatnya, di sebelah kiri jalan setelah pertigaan Jalan Kedung Anyar.

Depot gado-gado Arjuna berdiri dari tahun 1970 an, yang dirintis oleh pak Satumin dan istrinya ibu Soepik. Cita rasa dari gado-gado Arjuno yaitu bumbu kacang nya yang khas.

Harga per porsi gado-gado Arjuno adalah 18 ribu rupiah.

Depot Gado-gado Arjuno Surabaya buka dari jam 08.00 sampai jam 18.00. Gado gaado Arjuno disajikan terdiri dari lontong, kecambah, selada, tahu, timun, kerupuk, emping dan telur, lalu diberi taburan bawang goreng dan bumbu kacang yang kental.


Sate Ayam Lisidu Surabaya, Kuliner Surabaya

4. Sate Ayam Lisidu

Sate Lisidu adalah wisata kuliner surabaya berikutnya, Sate Lisidu sangat populer di Surabaya dan Surabaya asli. Bentuknya unik tidak seperti sate pada umumnya, karena bentuk nya pipih sehingga bumbu mudah meresap. Sate ayam Lisidu disajikan bersih tanpa bekas arang yang menempel, karena proses membakarnya dikipas dari bawah dan atas.

Menu yang ditawarkan di Sate Lisidu yaitu Anda dapat memilih mau bagian paha, dada, jeroan dan kulit. Bumbu kacangnya memiliki cita rasa khas dan manis karena menggunakan kacang Tuban yang disangrai..

Uniknya lagi di Sate Lisidu disetiap meja sate ayamnya akan disajikan beserta anglo untuk memanggang sate, jadi sate akan tetap hangat. Sate Lisidu terletak di Jl. Kutai No.53-C, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.


Sego Sambel Mak Yeye Surabaya, Kuliner Surabaya

5. Sego Sambel Mak Yeye Surabaya

Surabaya kuliner berikutnya adalah Sego sambel mak yeye, merupakan kuliner yang populer dan fenomwnal serta wajib Anda cicipi.

Sego sambel mak yeye buka mulai jam 10 malam, selalu ramai pengunjung yang antri untuk menyantap pedasnya Sego sambel mak yeye atau dalam bahasa Indonesia nya nasi sambal, terdapat beberapa pilihan lauk seperti telur dadar, ikan pari panggang dan tempe goreng.

Yang membuat Sego sambel mak yeye spesial ya di sambalnya yang khas, kalo dari lauknya sih sederhana saja. Ikan pari panggan merupakan ciri khas dari warung Sego sambel mak yeye, aromanya sangat khas, sangat menggugah selera makan.

Lokasi Sego sambel mak yeye terletak di jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 12 , Surabaya – Jawa Timur


Nasi Campur Tambak Bayan, Kuliner Surabaya

6. Nasi Campur Tambak Bayan

Tempat kuliner di surabaya berikutnya yaitu nasi campur Tambak Bayan, termasuk salah satu kuliner murah di Surabaya dan boleh Anda kunjungi, lokasi nasi campur Tambak Bayan di pasar wetan No 7. Lauk yang ditawarkan seperti daging sapi kecap, telur, tahu, soun, empal, dll. Nasi campur Tambak Bayan memiliki cita rasa yang enak dan lezat.

Warung ini buka jam 04.30 – 17.00. Harga 1 porsi nasi campur biasa 20 ribu rupiah sedangkan harga 1 porsi nasi campur empal 29 ribu rupiah. Jadi bagi Anda yang mencari rumah makan di Surabaya, nasi campur Tambak Bayan bisa Anda kunjungi.


Bebek Goreng Sinjay Surabaya, Kuliner Surabaya

7. Bebek Goreng Sinjay Surabaya

Tempat wisata kuliner di surabaya berikutnya yaitu Bebek goreng sinjay, termasuk salah satu kuliner khas Surabaya. Bebek goreng sinjay daging bebeknya empuk dan gurih serta sambal yang sangat khas membuat Bebek goreng sinjay menjadi populer serta menjadikan kuliner enak di surabaya yang banyak dicari.

Makanan enak Surabaya ini dibandrol dengan harga 23 ribu saja, makan Anda sudah dapat seporsi nasi bebek + teh. Jika Anda tertarik silahkan datang ke Jalan Kapas Kampus, layanan di sana sangat cepat sehingga menjadikan nilai plus bebek goreng Sinjay.


Nasi Empal Pengampon Surabaya, Kuliner Surabaya

8. Nasi Empal Pengampon

Wisata kuliner berikutnya yaitu Nasi Empal Pengampon Surabaya, makanan Surabaya ini mempunyai cita rasa yang khas.          

Menu yang ditawarkan yaitu nasi putih, empal suwir, tumis kacang panjang, tempe kering, daun kemangi, sambal dan lalapan timun.

Selain nasi empal yang merupakan menu andalan, depot nasi empal Pengampon juga menyediakan lo mie, bubur ayam, nasi babat, nasi udang dan lain sebagainya.

Cita rasa dagin empal Pengampon yang manis, gurih dan lezat, membuat anada ingin makan lagi dan lagi. Lokasi nasi empal Pengampon di Jalan Pengampon II No. 3, Surabaya Pusat, buka jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Harga seporsi nasi empal sekitar 25-28 ribu saja.


Bakso Solo Rindu Malam Surabaya, Kuliner Surabaya

9. Bakso Solo Rindu Malam Surabaya

Bakso Solo Rindu Malam Surabaya adalah salah satu tempat makan murah di surabaya. Bakso Solo Rindu Malam Surabaya sudah ada sejak tahun 1984 yang populer dan fenomenal. Bakso Solo Rindu Malam Surabaya memang menggunakan resep khas Solo, memiliki cita rasa yang enak dan lezat serta salah satu bakso enak di surabaya.

Bakso Solo Rindu Malam Surabaya menggunakan mie bihun sedang bakso Jawa pada umumnya menggunakan soun, perbedaan antara soun dan bihun adalah kalo soun dibuat dari pati kacang hijau dan cara memasaknya cukup direndam air panas saja, tekstur soun licin jika sudah matang, sedangkan bihun dibuat dari tepung beras dan teksturnya tida selicin soun.

Harga yang dibandrol sangat terjangkau, hanya 10 ribu untuk 4 butir bakso biasa (halus/kasar) + 1 tahu bakso. Untuk bakso keju, 14 ribu perporsi. Jika Anda tertarik silahkan datang ke Jln. Ciliwung No. 123, Surabaya.


Warung Nasi Cumi Surabaya, Kuliner Surabaya

10. Warung Nasi Cumi Surabaya

Warung nasi cumi Surabaya atau Nasi Cumi Waspada merupakan salah satu kuliner murah surabaya, harga per porsi muali 15 ribu. Lokasi Warung nasi cumi Surabaya terletak di jalan Waspada, Warung nasi cumi Surabaya dikenal juga dengan nama Warung nasi cumi depan pasar Atom.

Terdapat 3 macam menu nasi cumi yang tersedia, adalah nasi komplit, nasi campur dan nasi cumi peyek.

Warung nasi cumi Surabaya ini wajib Anda kunjungi ya guys, selain harganya yang terjangkau juga rasa nya yang enak dan lezat.

Sebenernya yang disajikan adalah nasi rawon dan nasi campur. Yang membuat unik yaitu nasi campurnya dihidangkan dengan cumi hitam dan rawonnya pun isi cumi. Harga yang ditawarkan biasa 15 ribu, rada komplit 20 ribu, dan yang komplit sekalian 30 ribu.


Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih, Kuliner Surabaya

11. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Wisata kuliner Surabaya berikutnya yaitu Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih, menyajikan sate yang unik, sebab pada proses mengolahnya ditaburi parutan kelapa, menjadikan Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih sangat unik.

Menu yang disajikan yaitu sate sumsum, sate udang, sate daging ayam dan sate daging sapi yang dilumuri saus kacang yang khas. Lokasi Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih ada di Jalan Walikota Mustajab 36, Surabaya.

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih memiliki cita rasa yang gurih, sebagai teman sate Anda bisa memilih pendamping mau pakai lontong atau nasi. Untuk harga yang dibandrol seporsi sate isi 10 tusuk + nasi atau lontong tidak lebih dari 20 ribu rupiah.


G-Walk Surabaya, Kuliner Surabaya

12. G-Walk

Wisata kuliner Surabaya berikutnya yaitu G-Walk Surabaya, merupakan tempat hang out anak muda Surabaya yang populer dan favorit. Lokasi G-Walk ada di hunian elit Citra Raya, Surabaya.

G-Walk sangat cocok untuk tempat kumpul bersama teman-teman sambil menyantap kuliner khas Surabaya atau pun makanan barat. Di G-Walk Anda akan dsajikan live musik, jadi sensasinya sangat luar biasa.

G-Walk merupakan tenant-tenant cafe dan restaurant, ada dua area yang berhadapan. Area pertama merupakan jejeran cafe yang menyajikan aneka makanan modern atau barat, area kedua menyajikan makanan tradisional.


Pakuwon Food Festival Surabaya, Kuliner Surabaya

13. Pakuwon Food Festival Surabaya

Pakuwon Food Festival Surabaya adalah wisata kuler berikutnya, tempat yang sudah berdiri sejak 2008 ini buka malam hari dan jika weekend pengunjungnya mencapai hingga puluhan rbu orang. Pakuwon Food Festival, Surabaya merupakan bagian dari Mall Pakuwon City yang terkenal di Surabaya.

Di Pakuwon Food Festival Surabaya kurang lebih ada 100 tenant makanan yang menyajikan menu-menu khas baik lokal dan luar negeri. Makanan tradisional khas Jawa Timur yang ditawarkan antara lain lontong balap, kupang lontong, bakso, tahu campur, aneka sate, nasi bakar, dan masih banyak lainnya. Steak, aneka Chinese Food, hamburger, roti prata, martabak India, spaghetti, dan lainnya merupakan menu makanan luar negeri yang ditawarkan di Pakuwon Food Festival.


Zangrandi Ice Cream Surabaya

14. Zangrandi Ice Cream Surabaya

Wisata kulinerr Surabaya berikutnya yaitu Zangrandi Ice Cream Surabaya yang terletak di Jl Yos Sudarso No 110, Surabaya, seberang Balai Kota Surabaya. Zangrandi Ice Cream sudah berdiri dari tahun 1933 dan bangunannya bernuansa eropa. Jika Anda siang-siang di Surabaya kepanasan maka mampir saja ke Zangrandi Ice Cream untuk menghilangkan panas dan dahaga.

Menu yang populer di Zangrandi Ice Cream yaitu noddle ice cream. Harga yang dibandrol untuk noddle ice cream sekitar Rp 36,000,-. Rasa noddle ice cream sangat lezat, bentuk nya dibuat seperti mi yang panjang dan warnanya kuning. Di atasnya diberikan tambahan coklat cair, astor dan taburan kacang + buah cherry.  

                                       
Soto Lamongan Cak Har, Kuliner Surabaya

15. Soto Lamongan Cak Har

Bagi Anda pecinta soto tempat yang satu ini wajib Anda kunjungi nih guys. Soto Lamongan Cak Har yang menyajikan soto khas Lamongan dengan rasanya yang enak, lezat dan gurih.

Soto Lamongan Cak Har merupakan salah satu tempat makan di Surabaya yang populer. Menyajikan menu soto ayam, ceker ayam, jeroan ayam, daging ayam dan brutu. Surabaya kuliner yang satu ini memiliki tempat yang sangat luas, yang terletak di jalan Ir. Soekarno, Surabaya. Letaknya tidak jauh dari kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Walaupun memiliki tempat yang luas kadang di jam sibuk bisa penuh semua karena memang warung soto cak Har laris banget. Kita bisa memilih bagian daging yang kita inginkan misal bagian paha tanpa kulit, maka akan disajikan sesuai dengan permintaan Anda. Itulah keunikan dan nilai plus dari rumah makan Soto Lamongan Cak Har selain rasanya yang mantap.


Nah itu di Kuliner Surabaya yang enak dan wajib dikunjungi, tempat kuliner Surabaya sudah selesai kita bahas. Semoga bermanfaat bagi Anda yang mencari refrensi makanan enak di Surabaya, jangan lupa like dan share ya. Thanks